Monday, April 15, 2019

Manfaat ISO 14001 di Dalam Mencegah Kerusakan Lingkungan


Mencegah Kerusakan Lingkungan dengan Sistem Manajemen ISO 14001





Sertifikasi ISO 14001 - Di bulan september tahun 2015 organisasi internasional ISO sudah menerbitkan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 versi terbaru yang sebelumnya ISO 14001:2004 menjadi ISO 14001:2015. Standar ini adalah satu standar yang dapat menyeimbangkan dan mempadukan kepentingan di dunia bisnis dengan lingkungan hidup.

Sebagai sebuah panduan dan persyaratan penggunaan untuk para pelaku organisasi dan perusahaan, didalam sistem manajemen lingkungan ISO 14001 akan memberikan perusahaan dan organisasi sebuah kerangka kerja agar dapat melindungi lingkungan serta tanggap terhadap terjadinya perubahan – perubahan kondisi dilingkungan sekitar didalam menyeimbangkan kebutuhan sosial dan kebutuhan ekonomi yang dilaksanakan secara sinergi dengan tujuan pengelolaan organisasi dan perusahaan dan juga agar dapat menjaga lingkungan dari dampak buruk limbah – limbah yang dihasilkan oleh industri.

Beberapa industri besar di indonesia telah diminta untuk berkomitmen untuk menerapkan dan mengimplementasikan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 di dalam menialankan bisnis usahanya. 


Baca Juga : Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO

Dengan menerapkan sistem manajemen mutu ISO 14001:2015 ini diharapkan para pelaku bisnis industri bisa meningkatkan kinerja di lingkungan sehingga bisa meminimalisir dan mengurangi beban dari pencemaran lingkungan disekitar.

Sungai merupakan muara tempat bertemu antara air dan limbah yang dihasilkan dari industri yang merupakan sebuah aktivitas manusia. Pemanfaatan sungai saat ini cukup bervariasi ada yang menggunakan sebagai kebutuhan rumah tangga, irigasi dan pertanian, peternakan serta industri.

Berkembangnya dunia industri di indonesia saat ini cukup pesat namun apabila didalam pengelolaan limbah industri dengan secara tepat dan baik maka bisa mengakibatkan tercemarnya lingkungan sekitar dan sungai, Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab tercemarnya lingkungan diantaranya adalah tidak terkelolanya limbah yang dihasilkan secara baik dalam bentuk penerapan sistem manajemen lingkungan.

Didalam mengatasi pencemaran lingkungan terutama di sungai pemerintah sudah melaksanakan program pemantauan bersama terhadap ketaatan industri terhadap lingkungan, dari beberapa industri yang beroperasi diwajibkan mengantongi sertifikat ISO 14001

Demikian sedikit informasi mengenai mencegah kerusakan lingkungan dengan sistem manajemen mutu ISO 14001, semoga bermanfaat.

Sumber : Sertifikasi ISO 9001

About Author

Sabrina Maryam
Sabrina Maryam

Author & Editor

Im pretty.

0 comments:

Post a Comment